FASILITAS DI SEKITAR AIWA

Fukuoka merupakan salah satu Ibu Kota propinsi di Jepang dengan jumlah penduduk muslim dan jumlah mahasiswa internasional terbesar di Jepang.

Fasilitas Belanja Murah

  • Box Town.

Box town ini terletak di area bernama Hakozaki, waktu tempuk ke Box Town adalah antara 5 – 10 menit dari Aiwa. Di area Box Town terdapat toko serba ada yang bernama rumieru (ルミエル). Rumieru merupakan one-stop-shopping yang menyediakan kebutuhan rumah tangga, dari makanan hingga pakaiana dan peralatan rumah tangga lainnya. Harga di rumieru sangat bersaing; misalnya, bila anda belanja di atas jam 21:00, harga ikan biasanya sudah setengah harga. Selain itu, harga barang rumah tangga maupun bahan makan lainnya selisih harganya kadang bisa sampai 200yen lebih murah bila di bandingkan dengan harga barang yang sama di supermarket lain. Lokasinya ada di dekat Higashi Ward Office dan bisa dilihat di link di bawah ini:
http://www.starbucks.co.jp/en/search/detail.php?id=629&ampsearch_condition=Kyoto&amppref_code=26

  • Toko Sayur dan Buah Murah

Di dekat Box Town, ada kios sayur dan buah murah. Kios-kios sayur dan buah murah ini tersebar hampir di beberapa tempat yang relatif dekat dan mudah dijangkau dengan bersepeda. Harga barang biasanya 30-50 yen lebih murah dibanding harga barang di supermarket murah sekalipun. Akan tetapi

  • Supermarket Friendshop

Supermarket ini terletak di dekat pemukiman mahasiswa. Pemukiman mahasiswa di maksud adalah Shirohama Danchi. Waktu belanja yang paling ramai adalah hari Sabtu sore. Mengapa demikian? sebab supermarket libur hari minggu, dengan demikian harga sayur dan buah pada hari Sabtu biasanya dijual sangat murah untuk menghabiskan stok akhir pekan.

Recycle Center atau 3R Stations

Merupakan pusat daur ulang di Fukuoka. Salah satu kegiatan dari pusat ini adalah mengolah limbah sampah rumah tangga menjadi beberapa barang berguna lainnya. Dan salah satu hasil fenomenal dari pembakaran sampah rumah tangga di tempat ini adalah tenaga listrik yang dipakai sebagai energi penerangan di pusat tersebut maupun sumber energi di lingkungan sekitarnya.

Masyarakat bebas mengunjungi pusat daur ulang ini baik untuk sekedar mengenal proses pengolahan limbah sampah di Fukuoka, maupun belajar praktek mengolah limbah sampah menjadi produk-produk lain yang bermanfaat di Fukuoka.

Tempat ini sangat populer tidak saja di kalangan mahasiswa tapi juga penduduk setempat. Mereka berdatangan ke tempat ini dengan salah satu tujuan untuk belanja baju maupun kebutuhan rumah tangga bekas. Tidak jarang akan ditemui barang-barang yang masih baru tapi tidak dipakai oleh pemiliknya, dan akhirnya dikirim ke pusat daur ulang ini. Di pusat daur ulang ini, barang-barang tersebut akan dijual dengan harga yang sangat murah. Kualitas barangnya pun masih sangat bagus. Sebagai contohnya, piring-piring cantik yang tentunya sangat mahal di supermarket, di pusat daur ulang ini harganya biasanya berkisar antara 10 – 50 yen….baju-baju hangat pun banyak yang berkisar antara 100 – 200 yen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s